Home » » Populasi Gajah Kalimantan terus berkurang

Populasi Gajah Kalimantan terus berkurang

Rabu, 25 April 2012 | 0 komentar

Populasi gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis) terus berkurang akibat kerusakan hutan lindung, sehingga diperkirakan saat ini hanya terdapat 20 hingga 80 gajah yang hidup di hutan di dua kabupaten, yakni Malinau dan Nunukan.

Jika hutan lindung yang ada terus dirambah dan dialihfungsikan, dikhawatirkan gajah tersebut akan punah, untuk itu kami berharap agar dua bupati di daerah itu terus menjaga hutan lindung. Keterlibatan bupati Nunukan dan Malinau sangat menentukan dalam upaya menjaga kelestarian hutan di daerahnya, terutama kawasan hutan yang masuk kawasan Jantung Kalimantan.

Hal ini perlu dilakukan karena kawasan hutan lindung yang menjadi tempat populasi binatang langka gajah Kalimantan itu, sekarang terancam oleh aktivitas tambang batubara dan perkebunan kelapa sawit. Populasi gajah Kalimantan yang diperkirakan ±20-80 gajah itu berada di 22 desa di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan. Dari jumlah desa itu, terdapat 11 desa yang menjadi daerah kunjungan gajah soliter, dan lima desa yang paling sering dikunjungi setiap tahun. Kelima desa itu adalah Sekikilan, Semunad, Rembalang, Salang, dan Desa Kalun Sayan.

Berdasarkan catatan World Wildlife Fund yang menganalisis populasi gajah kalimantan di Nunukan, habitat utama Gajah Kalimantan berada di DAS Agison dan Sibuda di bagian Barat, Sungai Apan dan Tampilon di sebelah Timur.

Daun dan buah sawit merupakan jenis tanaman yang disukai gajah, untuk itu bupati setempat tidak memberikan izin perkebunan sawit di kawasan hutan lindung, terutama di daerah yang dekat dengan pupulasi gajah. Di hutan alam atau hutan lindung, gajah memakan jenis umbut palem, rotan, pisang-pisangan dan rerumputan.

Namun sejak 2005 hingga 2007 diperkirakan sekitar 16.000 tanaman sawit milik masyarakat dan perusahaan rusak akibat diserang gajah.
©[FHI]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SENA THE DREAM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger